Peranan, Manfaat dan Keuntungan SMM dalam ‘Menjual’ Produk di Era Digital

TOPNews – Dalam proses mempromosikan atau memasarkan sebuah produk atau jasa, saat ini peranan sosial media amat sangat diperlukan. Karena dengan sosial media, Anda dapat menemukan konsumen baru, selain itu juga sangat efektif untuk memperluas jangkauan pasar.  

Nah, salah satu metode pemasaran melalui sosial media yang perlu Anda ketahui adalah social media marketing (SMM). Metode ini termasuk teknik marketing yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Terutama sebagai sarana dalam mempromosikan sebuah produk, jasa atau produk lain yang lebih spesifik.

SMM merupakan bentuk pemasaran melalui internet yang melibatkan pembuatan dan berbagi konten di jaringan media sosial untuk mencapai tujuan pemasaran dan branding produk atau jasa Anda.

Beberapa jenis sosial media yang sering digunakan adalah Facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Penggunaan sosial media membuat pengusaha bisa mengenalkan bisnis atau perusahaan dengan jangkauan baru dan lebih luas.

Ada beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa menjadi alasan kenapa SMM itu penting. Pertama, untuk meningkatkan brand awareness. Awalnya mungkin masyarakat hanya akan melihat-lihat produk atau jasa yang Anda tawarkan di sosial media untuk sementara waktu.

Namun, jika terus diunggah di sosial media, sebuah produk akan mulai dianggap ada dan diingat oleh masyarakat. Ini karena media sosial jadi sebuah platform yang terus dikonsumsi setiap hari oleh orang-orang. 

Kedua, untuk mendapatkan feedback produk dan strategi pemasaran.  Setelah diakui keberadaannya, sebuah produk akan mulai jadi topik pembicaraan. Anda bisa melihat langsung bagaimana customer berinteraksi dengan konten di media sosialmu.

Misalnya dengan memberikan like atau mem-follow akun Anda. Lalu, media sosial juga menawarkan fitur komentar. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk memberikan pendapatnya soal produk yang kamu tawarkan atau cara kamu memasarkan produkmu. Untuk perusahaan, ini bisa jadi alat untuk mengukur kelebihan dan kekurangan dari produk atau strategi marketing yang kamu pilih. 

Ketiga, mempelajari pesaing atau kompetitor bisnis. Mempelajari kompetitor jadi lebih mudah dengan sosial media marketing. Pasalnya, sosial media marketing sekarang marak digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produk. Alhasil, strategi yang dilakukan oleh kompetitor bisa jadi bahan pembelajaranmu. 

Keempat, perluas jangkauan pasar. Sekarang ini, hampir semua orang menggunakan sosial media, bahkan ada beberapa orang yang mempunyai lebih dari satu akun.

Melalui sosial media membuat Anda menemukan konsumen baru, selain itu juga sangat efektif untuk memperluas jangkauan pasar.

Kelima, pengunjung website jadi meningkat. Memiliki sebuah website bagi pebisnis hukumnya ‘wajib’ saat ini karena website merupakan representasi bisnis Anda di dunia online. Semakin banyak pengunjung website akan membuat peluang pendapatan meningkat semakin tinggi. Namun tidak semua orang bisa menjangkau website Anda secara langsung.

Melalui media sosial, Anda bisa melakukan promosi dan menuntun pengguna media sosial untuk membuka website Anda. Tentu saja ini bisa menjadi keuntungan website Anda bertambah trafik pengunjungnya.

Ketika informasi yang Anda berikan di website menarik, mereka tidak hanya menjadi pengunjung di website Anda namun bisa berubah menjadi konsumen Anda. Selain itu, jika mereka tertarik, mereka juga bisa melakukan share dan berbagi kepada teman-teman mereka. Tentu saja ini sangat baik untuk kemajuan website Anda.

Sosial Media

Sementara itu, sejumlah sosial media yang familiar dan lazim Anda gunakan di Indonesia dalam mempromosikan produk dan jasa seperti, Facebook, Twitter, YouTube dan Instargram.

Untuk diketahui, pengguna Facebook saat ini diperkirakan mencapai 2,2 miliar orang lebih. Dalam tujuan marketing, Facebook dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk lewat produksi konten. Facebook juga cocok untuk kamu yang mau memasang iklan. 

Kemudian Twitter, media sosial yang telah ‘dicablok’ Elon Musk ini diperkirakan sudah dipakai 335 juta orang di seluruh belahan dunia. Dalam hal sosial media marketing, Twitter lebih banyak digunakan untuk tujuan customer service. Hal ini karena Twitter memberikan kesempatan besar bagi perusahaan untuk langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Lalu ada sosial media Instagram (IG), pengguna IG diperkirakan tembus hingga 1 miliar orang pada 2019. Media sosial tipe ini, khususnya di Indonesia, banyak digunakan oleh generasi milenial. Apalagi, banyak fitur-fitur menarik di IG.

Sosial media ini cocok digunakan sebagai katalog produk. Sementara untuk kolom komentar IG atau fitur polling dan question juga cocok digunakan sebagai wadah diskusi antara perusahaan dan pelanggan.

Terakhir, media sosial YouTube. Pada platform ini, Anda bisa mengunggah video dengan durasi yang cukup panjang. Dengan fitur ini pula, YouTube cocok dipakai sebagai media iklan untuk sebuah produk. Jangka waktu iklannya pun bisa dibuat lama. Malah, ada beberapa iklan di YouTube yang dikemas jadi sebuah drama pendek.

 381 total views,  4 views today

Kirim penawaran

Kami menawarkan layanan SEO profesional untuk membantu meningkatkan trafik situs web Anda dalam pencarian organik secara drastis.

More from our blog

See all posts