Apa Itu Digital Marketing, Cek Disini!

TOPNews – Bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya agar berkembang diperlukan suatu strategi, salah satunya melalui digital marketing. Belakangan ini, strategi digital marketing merupakan cara ampuh untuk mempromosikan suatu bisnis karena lebih cepat, efektif dan praktis.  

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran sebuah merek atau produk dengan menggunakan media digital berbasis internet.  Untuk lebih jelasnya ulasan terkait digital marketing akan kita bahas dibawah ini:

Apa Itu Digital Marketing?

Adalah suatu strategi/kegiatan pemasaran termasuk branding menggunakan media digital dan internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat.

Sejumlah ahli mendefinisikan digital marketing sebagai kegiatan pemasaran, termasuk branding dengan memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak ditampakkan secara langsung, tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Ini artinya, segala jenis aktivitas pemasaran yang menggunakan media internet bisa disebut dengan digital marketing. 

Jenis-jenis Digital Marketing

Sejumlah cara dalam digital marketing yang bisa kalian manfaatkan untuk mengembangan usaha bisnis seperti:

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO)

Merupakan salah satu jenis digital marketing yang dilakukan dengan cara mengoptimalisasi konten di mesin pencari untuk meningkatkan pengunjung ke dalam situs.

Dengan SEO, diharapkan situs akan berada di halaman pertama mesin pencari. Strategi SEO dibedakan menjadi tiga, yakni on page SEO, off page SEO, dan technical SEO. 

Search Engine Marketing (SEM) 

Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan strategi untuk mengiklankan website di halaman pencari. Berbeda dengan SEO yang organik, SEM akan memungkinkan halaman website menduduki halaman pertama mesin pencari dengan cepat karena berbayar. 

Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing (SMM)

SMM merupakan upaya promosi melalui jejaring sosial media. Saat ini, media sosial yang banyak dimanfaatkan untuk SMM adalah Facebook, Instagram, Tiktok, dan Twitter. Dengan SMM yang tepat, perusahaan bisa menjangkau audiens dengan spesifik sesuai target pasar usianya. 

Pay per Click Advertising (PPC)

Pay per Click Advertising (PPC)

PPC merupakan strategi digital marketing yang dilakukan dengan cara membayar setiap iklan yang diklik oleh audiens. PPC bukan hanya berlaku untuk mesin pencari saja, tetapi juga dalam bentuk iklan apapun, contohnya Facebook Ads, TikTok Ads, dan Google Ads. 

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Affiliate marketing ialah menggunakan pihak ketiga untuk promosi bisnisnya. Perusahaan bermitra dengan pihak lain dengan sistem komisi. Setelah itu, mitra affiliate akan mendapatkan bayaran jika menjual produk melalui link tertentu. 

Content Marketing

Content Marketing

Seperti namanya, content marketing merupakan jenis digital marketing yang berfokus pada pendistribusian konten untuk memikat target pasar dan membuatnya menjadi pelanggan. Oleh karena itu, konten dibuat secara relevan sehingga menjawab kebutuhan audiens. 

E-mail Marketing

E-mail Marketing

E-mail marketing adalah salah satu metode digital marketing yang menyasar personal calon pelanggan. Strategi ini dilakukan dengan cara mengumpulkan e-mail calon pelanggan terlebih dahulu, kemudian membagikan info terkait perusahaan kepada mereka.

Bukan hanya promosi, e-mail marketing juga bisa menjadi alat untuk menjalin hubungan dengan para pelanggan. 

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing saat ini banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan untuk membantu perusahaan mempertemukan konsumen, meningkatkan penjualan perusahaan, membantu memenangkan persaingan pasar, menjangkau pasar yang lebih luas, menghasilkan keuntungan serta mampu menghemat biaya promosi dan pemasaran perusahaan.

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, kemudian yang harus kalian tahu adalah memanfaatkan berbagai macam tools yang tersedia dalam digital marketing seperti, Google Analytics. Tools ini dapat membantu kamu untuk mengetahui dan melihat berapa orang yang mengunjungi website-mu dan konten mana yang diminati pembaca? 

Google Analytics

Google Search Console. Merupakan layanan yang ditawarkan Google untuk membuatmu memecahkan masalah dan mempertahankan keberadaan situs di mesin pencarian Google. Kamu juga bisa melihat traffic dan masalah yang terjadi di dalam situs. 

MailChamp. Tools ini bisa membantumu membuat campaign di email dan berinteraksi dengan para pelanggan di e-mail. SEMRush, merupakan fitur untuk mengoptimasi SEO dan melihat performa website. Tools ini juga mempunyai fitur riset dan analisis iklan yang sudah terpasang (Pay per Click).

SocialMention. Adalah tools yang menyediakan informasi menarik tentang tren di media sosial. Kamu bisa mengetahui seberapa sering akun mengunggah konten hingga update konten terkait. Selain itu, kamu akan dimudahkan untuk melakukan pencarian menggunakan microblog, bookmark, dan lain sebagainya. 

 145 total views,  2 views today

Kirim penawaran

Kami menawarkan layanan SEO profesional untuk membantu meningkatkan trafik situs web Anda dalam pencarian organik secara drastis.

More from our blog

See all posts