Peran Penting, Tujuan dan Tata Cara Pembuatan Press Release

TOPnews – Bagi perusahaan, lembaga, maupun tokoh publik (public figure) agar dapat dikenal oleh masyarakat luas memerlukan sejumlah strategi, salah satunya dengan menyebarkan press release ke media-media online maupun cetak (offline) nasional dan daerah.

Dengan menyebarkan press release ke media-media online, popularitas perusahaan, lembaga maupun tokoh publik secara tidak langsung akan terdongkrak dengan pemberitaan yang telah dibaca masyarakat umum.

Press release atau yang biasa disebut siaran pers biasanya dapat berupa tulisan (berita), foto, atau video yang dikeluarkan secara resmi dan dirilis oleh perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi terkait dengan suatu perusahaan, lembaga atau tokoh publik kepada khalayak umum.

Pada prosesnya, press release setelah dikirimkan ke media-media nantinya akan di edit sesuai dengan gaya bahasa media masing-masing dan kemudian diterbitkan ke masyarakat umum. 

Alhasil, press release digunakan untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan memberitahukan kepada masyarakat mengenai produk, kebijakan, atau aktivitas perusahaan dan lembaga. Selain itu, press release merupakan salah satu solusi termudah untuk menyampaikan informasi yang bersifat cepat dan darurat. 

Hal lain dalam tujuan pembuatan press release seperti dilansir dari berbagai sumber seperti peliputan media untuk peningkatan reputasi perusahaan, lembaga atau tokoh publik. Transparansi kepada stakeholder supaya mereka mengetahui apa saja yang dilakukan perusahaan.

Kemudian, untuk memberitahu publik secara umum tentang kegiatan yang akan dilakukan atau produk yang akan diluncurkan. Proses klarifikasi jika mengalami kasus atau skandal tertentu serta membantu marketing kegiatan atau sedang mempromosikan produk tertentu.

Press release atau siaran pers memiliki beragam maksud dan tujuan. Berikut berbagai macam jenis-jenis press release berdasarkan maksud dan tujuan dibuatnya press release.

Basic Press Release

Press release yang bertujuan untuk menyampaikan informasi yang mencakup hal-hal umum mengenai suatu peristiwa yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga. Informasi itu diusahakan harus bisa memiliki nilai yang bisa diterima oleh media sehingga bisa diterbitkan ke masyarakat. 

Product Release

Press release yang fokus untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk atau perusahaan baru. Namun, product release ini seringkali digunakan untuk memberitahu konsumen mengenai produk baru yang akan dirilis. 

Financial Release

Press release yang ditulis untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan dari perusahaan kepada masyarakat. Tujuan pemberitahuan itu adalah untuk memberikan keterbukaan mengenai aktivitas keuangan perusahaan kepada masyarakat.  Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan kepercayaan karena hal tersebut. 

Event Press Release

Press release yang diterbitkan untuk menginformasikan mengenai event yang akan dan yang sudah terselenggara. Siaran pers ini berisi tentang gambaran secara ringkas mengenai suatu event atau acara. 

Employee Press Release

Press release ini mencakup informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan karyawan di dalam suatu perusahaan. Jadi, informasi ini digunakan untuk mengumumkan karyawan yang baru masuk, terutama karyawan baru yang mengisi posisi penting. 

Rilis ini akan berisi mengenai biografi singkat mengenai si karyawan itu disertai dengan foto supaya nantinya mudah dikenali oleh karyawan lainnya. 

Government Press Release

Adalah siaran pers yang diterbitkan oleh instansi pemerintahan. Umumnya siaran pers jenis ini dibuat untuk memberikan informasi terkait kebijakan baru, atau tindakan mengenai peristiwa-peristiwa tertentu seperti bencana alam. Selain itu, siaran pers pemerintahan juga bisa mencakup pernyataan dari presiden.

Kemudian dalam proses pembuatan press release, hendaknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

Judul (Head)

Penulisan judul di dalam harus mewakili apa tujuan dari press release itu dituliskan atau dibuat. Persyaratan penulisan judul adalah menggunakan kalimat aktif. 

Teras (Lead)

Lead merupakan pembuka dari tulisan press release. Bagian pembuka ini terdapat pada awal tulisan. Lead ini ditulis dengan menggunakan format 5W+1H yang ditulis secara ringkas dan padat. 

Isi (Body)

Isi atau body pada press release berisi tentang detail dari apa yang ingin disampaikan, seperti misalnya deskripsi produk, deskripsi kegiatan, sampai kutipan wawancara. 

Perlu diperhatikan bahwa dalam penulisan press release harus menunjukkan  waktu pembuatan dan juga kontak perusahaan atau lembaga terkait. 

 376 total views,  2 views today

Kirim penawaran

Kami menawarkan layanan SEO profesional untuk membantu meningkatkan trafik situs web Anda dalam pencarian organik secara drastis.

More from our blog

See all posts